Minggu, 25 November 2012

Kebiasaan Unik Orang Korea


Buat pecinta film Korea pasti kalian banyak belajar dong dari nonton film-film Korea? Mulai dari bahasanya sampe kebiasaan-kebiasaan yang sering kita liat di film-film Korea. Secara nggak langsung kadang-kadang kita suka praktekin itu dalam kehidupan kita di Indonesia sehari-hari. mau sesuai apa enggak yang penting kita suka, hhe. Emang orang Indonesia suka sembarangan.
Nah, kali ini gue pengen posting tentang kebiasaan orang Korea yang menurut gue unik. Sebagian gue dapet karena nonton film Korea dan sebagian lagi search di internet. Kita cocokin yaa, menurut kalian pikiran gue sama nggak. Lets see:
1. Mereka suka membasahi telunjuk mereka dengan air liur trus di tempel di ujung hidung. Hmm, maksudnya??
idung1
idung2
Sampe sekarang sih gue belum tahu dengan pasti kenapa orang Korea suka membasahi jari telunjuknya. Tapi kayaknya itu cuma masalah kebiasaan atau kepercayaan doang deh. Kayak di Indonesia, kita suka kan dibilang jangan duduk di depan pintu, pamali. Yahh, mungkin sejenis itulah.
2. Kalau habis megang sesuatu yang panas langsung megang kuping.
Gue sadar pas pertama kali nonton Sassy Girl Chun Hyang. Si Chunhyang masak apa gitu trus ngangkat pancinya, eh ternyata panas dan dia langsung lepasin tuh panci. Abis itu dia langsung megang kupingnya. Beberapa orang bilangnya sih karena kuping kita suhunya netral jadi kalo ketemu yang panas langsung pegang kuping supaya suhunya netral lagi. Kalau nggak percaya kalian bisa buktiin sendiri, hhe.
3. Kalau makan langsung di panci
Buat kita orang Indonesia mungkin ini agak aneh (banget malah). Yang gue liat sih hampir di semua film atau TV seri Korea pasti ada adegan makan dimana mereka langsung makan dari panci, terutama mie. Nggak cuma di rumah-rumah aja, tapi restoran juga nyediain panci. Kayaknya itu emang salah satu tata cara makan disana deh. Tapi ngeliat mereka makan trus nadahin pake tutupnya, keliatan seru dehh. Kocak aja.
4. Suka mabok
Mungkin dari sekian banyak kebiasaan orang sana, gue paling nggak suka yang ini. Orang Korea demen banget minum. Dikit-dikit minum. Masak putus cinta aja ampe minum berbotol-botol trus ilang kesadaran. Yahh, mungkin maksudnya buat ngilangin stress kali yaa. Kalo kata gue sih mereka minum (bukan buat yang hobby mabok yaa) karena suhu di sana dingin. Tahu kan Korea punya 4 musim. Jangan percaya deh kalo mereka bilangnya musim panas coz panasnya disana menurut kita yang kelamaan tinggal di Indonesia masih dingin. Hihihi, ga kebayang kalo disana jadi kayak apa..
5. Sebelum jadian pasti berantem dulu
Yang ini menurut gue paling lucu. Hampir semua film Korea yang gue tonton menampilkan adegan seperti ini. Misalnya Full House dan Sassy Girl Chun Hyang termasuk juga Boys Over Flower. Hubungan mereka (Lee Yong jae & Han Ji Eun + Lee Mong Ryong & Soon Chun Hyang + Gu Jun Pyo & Han Jan Di) pasti diawali dengan ketidakharmonisan. Sering banget berantem-berantem ga jelas, tapi sebenernya mereka sayang. Menurut gue “feel”-nya justru dapet disitu. Nggak selalu kan hubungan harus harmonis, kadang-kadang berantem juga. Tapi pasti itu yang bikin ngangenin kalo pisah. Wew..
6. Suka lebay matiin HP
Perhatiin deh, kalo si pemain nggak mau ngangkat telpon dari seseorang pasti lebay banget caranya, sampe nyabut batre henpon segala. Awalnya gue mikir begitu tapi setelah tahu yahh mo diapain lagi, ternyata hape orang Korea emang begitu, nggak bisa di reject. Walopun tombol reject udah dimatiin tetep aja bunyi, beda ama Indonesia yang langsung berenti bunyi. makanya mereka ampe nyabut batre henpon. Untungnnya batre mereka langsung menclok di casing-nya jadi ga repot nyabut batre-nya. Hihihi
7. Jorok
Ini relatif yaa. Misalnya kalo abis make baju pasti nggak langsung dicuci tapi digantung lagi trus besoknya dipake lagi. Tapi buat gue sih nggak masalah coz disana kan udaranya nggak seberapa panas jadi nggak banyak ngeluarin keeringet, so kalo dipake lagi juga ga masalah (hehe). Selain itu kalo mereka makan suka seenaknya aja. Sendok yang abis masuk mulut dipake buat nyendok di mangkuk sup atao yang lainnya. Kalo buat orang Indonesia itu nggak sopan kan, tapi disana udah lazim deh kayaknya.
8. Cewek Korea sedikit kasar
ketok
Di beberapa film akan kalian temui cewek nge-getok pala cowoknya. Enak banget lagi mukulnya. Kalo lagi marah-marah pasti gitu atau nendang pantat si cowok. Untung gue cewek jadi bisa mukul cowok seenaknya, hehehe. Trus kalo mereka berantem pasti sambil melotot trus monyongin bibirnya. Lucuuuu….
9. Bikin “Love Sign”
Perhatiin deh, nggak cuma di film-film tapi kayaknya di kehidupan sehari-hari juga coz gue sering nonton video Suju tuh. Beberapa personil suka banget bikin tanda hati diatas kepala pake dua tangan trus bilang “Saranghee”. Gue juga suka praktekin ini sama temen-temen satu kampus. *wakakakakakakak
Nih gue kasih gif Kyuhyun lagi bikin tanda Saranghee buat Donghae
wl1y1h
Kayaknya segitu dulu kebiasaan unik orang Korea yang bisa gue share. Kalo kalian punya pendapat tentang kebiasaan orang Korea yang unik bisa bagi-bagi, atau mungkin punya pengalaman dengan orang Korea, hehe. Posting selanjutnya mungkin gue akan share bout kata-kata yang sering diucapin orang Korea. Tungguin yaaaa…..
Ps: Posting ini gue persembahin buat Anna. Makasii onnie atas sarannya. Next aku akan buat blog ini jadi lebih baik, nggak cuma nampilin berita bout Suju aja tapi Korea juga. Kamsa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar